Saturday, 3 September 2016

Cara Ampuh Atasi Mozilla Firefox yang Sering Crash / Keluar Sendiri



Mozila Firefox adalah sebuah browser yang didirikan oleh Mozila Corporation dan para ratusan sukarelawan. Browser ini sudah sangat populer untuk saat ini. Browser yang bernama asli Phoenix ini dulu pernah memiliki nama Mozila Firebird sebelum akhirnya diubah menjadi Mozila Firefox.

Untuk penggunaan browsing sehari-hari browser ini cukup cocok untuk digunakan, apalagi dengan fitur Add-ons yang bisa kamu pasang secara terpisah, Sehingga Add-ons tersebut bisa kamu kamu gunakan sesuai kebutuhan saja.

Namun, dibalik itu semua ternyata masih terdapat keluhan tentang browser yang satu ini. Yakni bagaimana cara mengatasi browser Mozila Firefox yang sering crash atau keluar sendiri.

Apa penyebabnya?

Ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab kenapa Mozila kamu sering crash:
  • Adanya file update yang membuat crash
  • Antivirus, contohnya AVG
  • Terlalu banyak Add-ons yang terinstal
  • RAM komputer yang kurang memadai

Lalu bagaimana cara mengatasinya? 

Cukup mudah untuk mengatasi hal ini.. Check this out!

Klik kanan pada shortcut Mozila Firefox, kemudian pilih properties.
Setelah itu pilih Open Folder Location




Carilah file yang bernama application.ini dan double klik pada file tersebut. Sehingga akan terbuka pada aplikasi Notepad.

Pada Notepad kamu akan menemukan tulisan yang cukup membingungkan. Namun tenang, kamu cukup mencari kata [Crash Reporter]Enabled=1. Setelah itu, kamu ganti angka 1 menjadi angka 0. Ini berfungsi untuk menonaktifkan crash reporter tersebut.



Langkah selanjutnya adalah menyimpannya di folder instalasi mozila firefox pada komputer kamu. Pilih File >> Save As.. >> Cari folder instalasi mozila kamu >> Timpa file lama dengan yang baru.

Dan tara.. Mozila kamu sekarang sudah normal kembali. Jangan lupa setelah melakukan cara diatas untuk merestart Mozila kamu. Dan jika masalah tersebut masih muncul.. Sebaiknya kamu instal ulang aplikasi Mozila kamu.

Rekomendasi Untuk Anda × +
2 comments:
Write komentar
  1. kalau setelah di save acces denied gmna tu kak
    dan cara menimpa file nya gmna ya kak
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketika menyimpan pilih "save as" kemudian jangan langsung simpan di Local Disk C.. Tapi simpan dulu di Local Disk D baru setelah itu dicopykan ke Local Disk C..

      Semoga membantu :)

      Delete