Wednesday, 1 June 2016

Penyebab & Cara Mengatasi Komputer / Laptop yang Tidak Bisa Connect Internet



Bermain internet adalah salah satu hal yang paling mengasyikan.. apalagi jika ditambah pula kecepatan internet yang memadai.

Baca: 7 Alasan Kenapa Internet di Indonesia Mahal dan Lemot

Menurut Wikipedia, Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. 

Paham kah kalian dengan pengertian diatas? Hehe
Namun,tenang saja.. Disini saya bukan ingin membahas tentang TCP/IP maupun protokol yang digunakan oleh internet kok..

Yang namanya bermain internet, pasti tidak akan berlangsung dengan lancar-lancar saja. Tetap ada saja kendalanya. Selain kuota (baca: biaya) internet loh yah sob. hehe
Banyak kasus permasalahan yang terjadi ketika kita sedang asik ria bermain internet, terutama dengan menggunakan komputer.. Entah itu komputer yang disconnect dengan sendirinya secara tiba-tiba sehingga harus menghubungkan lagi. Atau bahkan ada mereka yang memiliki internet tapi tidak bisa connect sama sekali.

Yapp, bagi seseorang yang punya skill pada teknik jaringan.. Mungkin itu bukan lah sebuah permasalahan yang serius. Tapi permasalahan itu bakal jadi serius jika kamu belum paham pada dunia jaringan.

Tapi tenang saja.. Kali ini saya bakal berbagi tips buat kamu bagaimana caranya memperbaiki komputer yang tidak bisa terhubung kedalam jaringan internet. Check it out!

Permasalahan pada jaringan ini terjadi dengan berbagai penyebab dan solusi.. Sehingga saya akan klasifikasikan satu persatu.

1. Status Jaringan Terkoneksi, Namun Tidak Bisa Mengakses Internet



Penyebab:

Status tersebut sebenarnya sudah menandakan bahwa komputer sudah terhubung dengan internet. Hanya saja belum bisa untuk mengakses internet.

Solusi:

  • Cobalah untuk melepas sambungan modem atau kabel jaringan yang tertancap pada komputer kalian.. Setelah itu tunggu beberapa saat dan kemudian sambungkan lagi.
  • Jika kamu menggunakan jaringan WiFi, silahkan cabut kabel pada access point beberapa saat.. Kemudian pasangkan kembali.
  • Jangan lupa melakukan restart komputer.
  • Jika masih tidak bisa terkoneksi internet, silahkan cek pada browser kalian.. Jika hanya mampu terkoneksi pada situs tertentu, atau bahkan tidak bisa terkoneksi dengan situs manapun.. Solusi terbaik adalah dengan menghubungi ISP (Internet Service Provider) untuk meminta bantuan.


2. Status NIC atau Wireless "Disable"



Penyebab:

Jika kasus ini terjadi pada komputer kamu, maka akan ditandai dengan ikon tray jaringan pada komputer kamu akan bertandakan silang berwarna merah. Ini menandakan bahwa NIC atau Wireless sedang dalam keadaan disable.

Solusi:

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan "Enable" pada NIC kamu. Begini caranya..
  • Klik kanan pada ikon tray jaringan kamu.
  • Pilih Open Network and Sharing Center
  • Pilih Adapter setting yang ada pada sebelah kiri
  • Setelah itu silahkan klik kanan >> Pilih Enable pada Wireless Nework Connection jika kamu terkoneksi dengan jaringan WiFi.
  • Jika kamu terkoneksi dengan jaringan kabel.. Silahkan pilih Local Area Nework >> Klik kanan >> Enable


Catatan:
Untuk penyebab yang lebih serius, kasus ini bisa disebabkan karena masalah driver LAN yang belum terinstal.. Jadi pastikan bahwa driver NIC atau LAN sudah terinstal dengan baik..

3. Limitted or No Connection Status

Penyebab:

Jika kamu mengalami koneksi limitted, biasanya ikon jaringan pada komputer kamu akan terdapat tanda pentung berwarna kuning.
Kondisi ini sebenarnya tidak menandakan bahwa jaringan internet maupun komputer kamu terdapat masalah. Hal ini malah sering terjadi akibat konfigurasi router yang tidak sempurna.

Solusi:

  • Pastikan konfigurasi TCP/IP pada adapter jaringan kamu sudah terkonfigurasi dengan baik. Pastikan bahwa konfigurasinya menggunakan Obtain IP address automatically.
  • Putuskan koneksi ke modem, lalu hubungkan lagi setelah beberapa saat.
  • Silahkan restart komputer kamu.
  • Jika masih saja limitted connectivity.. Segera hubungi ISP yang kamu pakai.

4. Tidak Ada Koneksi dari Wireless Adapter ke Wireless Network

Penyebab:

Status ini menunjukkan koneksi wireless adapter kita terputus dengan jaringan wireless. Ada dua buah kemungkinan, yaitu..

  • Adapter wireless kita tidak bisa terhubung ke wireless network kita.
  • Koneksi wireless intermittend (Jaringan tidak stabil)

Solusi:

  • Untuk menyelesaikan masalah ini, silahkan pastikan status wireless pada Windows kamu sudah benar-benar aktif.
  • Cobalah untuk melakukan pencarian sinyal pada jaringan lain.. Terutama kawasan WiFi.

5. Cable Unplugged

Penyebab:

Mungkin dari peringatannya saja kamu sudah paham.. Bahwa penyebab utama dari kasus ini adalah tercabutnya kabel.. Entah karena terlepas, putus, atau bahkan rusak.

Solusi:

  • Jika memang terlepas, silahkan pasang kembali dengan mantap..
  • Masih tetap?? Silahkan ganti kabel dan konektornya dengan yang lain.

Itulah beberapa kasus permasalahan yang paling sering terjadi.. Pada intinya, untuk melakukan perbaikan sebuah jaringan. Selama itu masih sesuai dengan prosedur, akan aman-aman saja sob. Jadi.. Jangan pernah takut salah yah.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Rekomendasi Untuk Anda × +
7 comments:
Write komentar
  1. Thanks.. akhirnya masalah saya terselesaikan. (o)

    ReplyDelete
  2. Kalo semua cara itu gk bisa gmn? Apa mungkin kerusakan ada pada hardware?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Troublenya apa gan? mungkin kami bisa membantu

      Delete
  3. Jika tulisannya "identifying" padahal smua yg d atas sdh d lakukan. Apa yg harus saya lakukan ?

    ReplyDelete
  4. Masalah laptop saya ada pada point nomor 3. Laptop lain bisa akses inet hanya laptop saya yg spt ini. Solusinya gimana suhu. Mohon bantuannya

    ReplyDelete