Saturday, 28 May 2016

Cara Atasi Masalah Windows 8.1 Tidak Bisa Sleep, Restart, dan Shutdown Setelah Instal Ulang

Walaupun sekarang sudah muncul windows 10.. Namun ternyata tak mengurangi minat para pengguna komputer untuk menggunakan sistem operasi windows 8.1..
Ketika kita ingin mengganti OS komputer menjadi windows 8.1, tentu yang harus dilakukan adalah melakukan instal ulang komputer. Yapp, instal ulang adalah proses mereset semua sistem yang ada pada komputer dan menggantinya dengan yang baru.
Instal ulang adalah suatu kegiatan yang boleh dibilang gampang-gampang susah, gampang jika proses instal ulang tak terdapat kendala, dan susah ketika instal terdapat hambatan atau masalah. 
Salah satunya yaitu trouble yang biasanya dialami oleh windows 8.1..
Saat kamu menginstal ulang komputer dengan menggunakan sistem operasi windows 8.1 dan kemudian terdapat masalah, masalah yang biasanya muncul adalah windows 8.1 tidak bisa sleep, restart dan shutdown.
Bagi mereka yang baru belajar instal ulang, mungkin akan ada rasa panik ketika menghadapi situasi tersebut. Dan fatalnya.. Terkadang tetap ada saja sebagian yang memang ceroboh menyelesaikan kendala tersebut tanpa pertimbangan, sehingga meyebabkan efek yang tidak diinginkan pada komputer. Apalagi komputer tersebut bukan komputer sendiri..
Berikut adalah pembahasannya. Check it out!

Note: Cara ini juga bisa diterapkan pada windows 8.0

1. Windows tidak bisa melakukan sleep / standby

Akan sangat disayangkan jika fitur yang cukup penting tidak berjalan dengan semestinya di windows kamu. Apalagi jika kamu adalah pengguna komputer yang bekerja secara mobile. Maka mau tidak mau kamu harus sering melakukan sleep pada komputer kamu untuk mengemat baterai dan mencegah kebocoran pada baterai.

Penyebab:

Kamu sebelumnya menginstal Virtual Box? Atau semacamnya? Mungkin itu adalah salah satu penyebab komputer kamu gagal sleep. 
Kenapa? Karena driver jaringan yang tidak bisa dimatikan menyebabkan komputer kamu tidak bisa melakukan sleep.

Solusi:

Silahkan uninstal aplikasi tersebut kemudian cobalah untuk melakukan sleep.. Dan taraa. Seharusnya komputer kamu sudah bisa melakukan sleep dengan normal. Atau jika kamu masih membutuhkan aplikasi tersebut, kamu cukup menonaktifkannya saja.
Cara uninstal: Start >> Control Panel >> Program and Features >> Uninstal Program >> Virtual Box.
Cara menonaktifkan: Tekan ctrl + shift + esc (Task Manager) >> Processes >> Virtual Box >> End Process.

2. Windows tidak bisa restart dan shutdown

Ini adalah permasalahan klasik yang masih sering terjadi pada windows 8.1.. Jika kamu sebelumnya menggunakan windows 7, tapi tidak mengalami masalah seperti ini. Berarti ada sedikit masalah pada windows 8.1 kamu.
Baca: Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Windows 7

Penyebab: 

Salah satu penyebab dari permasalahan ini adalah fitur fast startup atau hybrid shutdown pada windows 8.1. Bahkan, ada beberapa kejadian dimana windows 8.1 tiba-tiba langsung reboot dengan sendirinya setelah melakukan login.

Solusi:


  • Masuk ke menu start
  • Ketikkan 'power' maka akan muncul banyak option.. Pilih saja Change what the power button do





  • Setelah itu silahkan sobat matikan pada Turn on Fast Startup (Recommended) dengan menghilangkan tanda centangnya. Pilih save changes..




  • Lalu silahkan kalian coba melakukan restart atau shutdown..


Namun,jika masih gagal melakukan restart maupun shutdown, solusi lainnya yaitu dengan menggunakan software CMD (Command Prompt). Berikut langkah-langkahnya:


  • Tekan Windows + R pada keyboard untuk masuk ke Windows Run..
  • Lalu ketikan CMD, dilanjutkan tekan enter.
  • Setelah kamu masuk pada Command Prompt, yang harus kamu ketikkan adalah..


bcdedit /set disabledynamictick yes


  • Lalu tekan enter..


  • Silahkan coba kembali untuk melakukan restart atau shutdown. Seharusnya windows kamu sudah bisa melakukan restart dan shutdown secara normal..


Selamat mencoba dan semoga berhasil..

Rekomendasi Untuk Anda × +
No comments:
Write komentar