Sunday, 22 May 2016

Bahaya Menyimpan File Penting di Partisi System / Local Disk C




Komputer maupun laptop sekarang ini bukanlah hal yang mewah lagi.. hampir semua orang sudah memiliki alat canggih yang satu ini.

Berkembang pesatnya teknologi memang membuat orang terpaksa harus mengikuti perkembangan yang ada. Faktor kebutuhan terutama,karena sekarang ini banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan dengan menggunakan komputer. Sehingga,mau tak mau seseorang yang belum bisa mengoperasikan komputerpun harus mau untuk mempelajarinya.

Komputer itu mudah dipelajari,karena memang ilmunya sudah bertebaran dimana-dimana.. Apalagi sekarang internet sudah ada. enak toh?
Tapi yang terkadang masih jadi kesulitan adalah,banyak hal-hal dalam komputer yang mungkin tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Ini bisa dikatakan sebagai 'etika' dalam mengoperasikan komputer. Sehingga jika kamu melanggarnya.. Kamu yang kena sendiri. Check it out! 

Yang namanya komputer pasti berhubungan dengan penyimpanan. Jadi,ngga mungkin kalo kamu punya komputer lalu kamu ngga menggunakannya sebagai tempat penyimpanan file..
Nah,jika kamu menyimpan file ke komputer.. Berarti kamu telah menyimpan file pada sebuah alat yang disebut harddisk. Harddisk sendiri adalah perangkat penyimpanan (storage device) yang terdapat didalam dan dimiliki oleh setiap komputer..  Serta kapasitas penyimpanannya pun bukan lagi puluhan GB,namun hingga ratusan GB.. Bahkan ribuan GB (Terabyte).

Sebelum harddisk digunakan, pastinya harddisk sudah dipartisi. Apa itu pemartisian?
Pemartisian adalah sebuah kegiatan membagi harddisk menjadi beberapa ruang kosong (space) yang nantinya ruang kosong tersebut akan digunakan sesuai fungsinya.

Untuk pembagiannya itu terserah si pemilik dan juga tergantung besar harddisk. Ada yang biasa membaginya menjadi 2 partisi ataupun 3 partisi. Namun pada umumnya 3 partisi,yaitu local disk C, D, dan E.

Perlu diketahui bahwa partisi tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Local disk C misalnya,biasanya partisi ini digunakan sebagai tempat bersarangnya file-file sistem pada komputer. Sehingga bisa dibilang ini adalah partisi jantungnya komputer.
Berbeda lagi dengan local disk D ataupun E, yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan data-data kamu. Entah itu multimedia,dokumen,game dan lain-lain..

Jadi sudah terlihat jelas bahwa partisi tersebut memiliki fungsi yang memang berbeda..

Lalu apa resikonya jika menyimpan file pada local disk C ??

Seperti yang tadi saya bilang bahwa local disk C adalah partisi yang dikhususkan untuk untuk menyimpan file system. Dan bukannya tidak boleh menyimpan file pada local disk C..
Boleh-boleh saja menyimpan file pada partisi tersebut. Dengan catatan semua resiko ditanggung sendiri. hehe


Berikut adalah resiko yang ada jika kamu menyimpan file pada local disk C: 


 1. Resiko terkena virus




Partisi system adalah partisi yang paling mudah terjangkit virus, karena disinilah tempat aplikasi diinstal, dan dari aplikasilah kebanyakan para virus bersemayam.
Ketika local disk C kamu terserang virus, mungkin kamu hanya mampu berusaha dan berdo'a saja.. Dan jika kamu tidak bisa mengatasi virus tersebut,kamu hanya perlu menunggu file-file penting kamu hilang karena virus.

Baca: Yuk! Bikin Virus dengan Notepad untuk Jahili Teman Kamu


2. Hilang setelah instal ulang

Partisi system akan dibersihkan ketika install ulang.. Termasuk file kamu yang tersimpan didalamnya pun akan ikut terbersihkan.

Instal ulang itu memulai perjalanan komputer dari awal lagi guys, sehingga setelah install ulang maka isi partisi yang pasti hilang adalah local disk C.. Jika partisi tersebut ada file penting kamu. Ya sudah.. kamu harus mengikhlaskannya.

Jalan satu-satunya mungkin kamu harus membackup seluruh file kamu. It's okay kalo ukuran filenya masih umum.. Tapi kalo ukurannya udah ratusan GB? Itu akan sangat merepotkan..


Kesimpulan:
Jangan sekali-sekali menyimpan file kamu pada local disk C, apalagi file tersebut adalah file penting.. Toh,partisi itu kan emang udah difungsikan.. Jadi gunakanlah sesuai fungsinya.

 Semoga bermanfaat..

Rekomendasi Untuk Anda × +
No comments:
Write komentar