Wednesday, 2 March 2016

Ketahui Fakta - Fakta Menarik Pada Film Animasi Adit,Sopo & Jarwo!




Siapa sih yang ga suka dengan film animasi asli produksi Indonesia ini? Animasi besutan MD Animation ini sangat banyak penggemarnya. Mulai dari kalangan anak-anak bahkan yang dewasa pun tertarik dengan animasi yang satu ini.

Tapi taukah Kalian? Ternyata banyak fakta-fakta menarik yang terdapat pada film animasi Adit,Sopo,& Jarwo ini. Apa saja? Berikut ulasannya.


1. Alasan menggunakan nama 'Adit' & 'Sopo Jarwo'




Ternyata pemilihan nama pemeran ini tak sembarang pilih. Nama Adit digunakan karena nama ini sudah sangat familiar dimasyarakat Indonesia,serta nama ini juga gampang diingat..




Kemudian nama 'Sopo Jarwo'. Dalam Bahasa Jawa,Sopo itu artinya siapa,jadi jika diartikan maka maknanya 'Siapa sih Jarwo?'. Dalam film tersebut,Jarwo diceritakan sebagai orang yang besar,cerdik,dan bisa melakukan apa saja. Tapi yang aneh adalah hidup Jarwo seperti itu-itu saja. Seolah-olah tak ada kemajuan.

Jika kamu sadari dan amati,ini adalah sebuah kritikan terhadap Bangsa Indonesia. Yapp,betul.. Jarwo mencerminkan keadaan Bangsa Indonesia kita saat ini,dimana sebenarnya kita mampu melakukan segala hal,tapi masih saja yang malas dan tak mau bekerja keras. Sehingga semakin tertinggal oleh yang lain..

2. Pembuatan episode 7 menit membutuhkan 186 Animator






Siapa sangka bahwa animasi yang hanya 7 menit itu membutuhkan 186 animator dalam pengerjaannya.. Artinya pembuatan animasi ini cukup mahal. 

Dan taukah kamu? Dalam satu bulan,animasi ini diputar sebanyak 60 kali. Ini karena MD Animation dalam satu bulan paling tidak hanya membuat 1-2 episode baru. Jadi jangan heran jika siaran animasi ini selalu diulang-ulang tiap harinya,. 

Namun penayangan dilakukan secara acak. Misalnya episode bulan lalu ditayangkan kembali pada bulan ini. Sehingga pemirsa pun tak mudah bosan..

3. Waktu pengerjaannya hampir 90 jam





Walaupun dikerjakan oleh 186 orang animator,bukan berarti pengerjaannya menjadi cepat. Malah pengerjaan animasi ini membutuhkan waktu hampir 90 jam setiap episodenya. Ini dikarenakan pengerjaannya masih dilakukan secara manual,mulai dari pemodelan,penggerakan,penambahan efek dan lainnya. Sehingga harus dikerjakan dengan ulet dan teliti.

4. Menggunakan software editing gratis





Betul.. Gambar diatas adalah tampilan aplikasi Blender. Aplikasi blender ini yang digunakan oleh animator untuk membuat film animasi ini. Perlu kamu tau bahwa aplikasi Blender adalah aplikasi edit animasi yang gratis tanpa lisensi.

5. Ada sekolah animasinya





Untuk menambah Sumber Daya Manusia (SDM),maka dibuatlah sekolah berupa training animasi. Pesertanya adalah lulusan SMK, Dengan syarat harus menguasai Software Blender,serta memiliki karya animasi. Jika lolos,maka diharuskan melakukan training selama 3 bulan.. Baru setelah itu bisa bekerja di MD Animation sebagai animator.

Ya itu lah Fakta - Fakta Menarik Pada Film Animasi Adit,Sopo & Jarwo. Jika kamu punya tambahan,silahkan berbagi dikomentar..

Rekomendasi Untuk Anda × +
No comments:
Write komentar