Sunday, 27 March 2016

Beginilah Kondisi Otak Yang Sudah Kecanduan Smartphone



Hampir setiap orang sekarang sudah memiliki yang namanya gadget canggih smartphone. Julukan 'smart' ini memang tak lepas dari kehandalan perangkat ini dalam membantu beberapa kegiatan manusia.

Tapi ironisnya,banyak orang yang tidak memperhatikan bahwa kebiasaan menggunakan smartphone untuk melakukan segala hal ternyata dapat menyebabkan ketergantungan atau kecanduan.

Apakah kamu selalu merasa 'kurang' jika tidak memegang smartphone kesayangan kamu dalam beberapa saat? Apakah kamu merasa khawatir jika tidak menaruhnya disaku celana kamu? Jika iya.. Hati-hati,itulah pertanda bahwa kamu memang telah kecanduan smartphone.

Smartphone adalah alat yang sangat bermanfaat. Tapi perlu diingat bahwa jangan sampai alat yang seharusnya bisa bermanfaat malah justru merugikan kalian. Bukan kebaikan yang kalian dapatkan malah keburukan.

Pernahkah kamu ketika sedang menyantap makanan kemudian diganggu oleh smartphone,sehingga kamu sibuk antara makan dan bermain smartphone? Jika iya.. maka yang perlu diingat adalah jangan sampai ketenangan kita dirampas oleh ponsel pintar ini.

Tak cuma dalam hal psikologis,smartphone juga tak baik tubuh.

Baca: Bahaya Menaruh Smartphone Di Celana

Dikutip dari The Huffington Post (21/3),menurut psikolog bernama Sherry Turkle. Dengan sifat ketergantungan yang kita miliki terhadap smartphone,kita jadi intoleran terhadap kesendirian.

"Otak kita jadi sangat-sangat membutuhkan rangsangan secara konstan,dan mungkin itu adalah perubahan berbahaya yang terjadi pada otak kita" jelasnya.

Kenapa Berbahaya??


Ini berkaitan dengan masalah pengambilan keputusan penting dalam kehidupan kita. Semakin kamu kecanduan dengan teknologi,maka otak akan semakin sulit untuk tenang. Dan ketenangan inilah yang sebenarnya dibutuhkan dalam pengambilan keputusan. Sehingga otak kita sulit untuk fokus..


Mengatasi Kecanduan Smartphone Itu Sangat Sulit


Betul,ini dikarenakan perkembangan teknologi yang begitu cepat dan siapapun tak bisa mencegahnya.. Itu tentu bagus,karena teknologi akan semakin maju, Tapi untuk kalian yang kecanduan berat dengan smartphone. Tak ada salahnya untuk menghilangkan kecanduan tersebut sementara. Cukup satu atau dua jam pun tak masalah,sehingga otak kalian bisa lebih tenang dan tidak cemas.

Semakin lama kita mengistirahatkan diri dari smartphone,otak pun akan semakin lebih baik,karena fikiran kita akan lebih tenang dan fokus. Terutama dalam pengambilan keputusan penting dalam hidup kita..

Rekomendasi Untuk Anda × +
1 comment:
Write komentar
  1. waduh sepertinya saya termasuk dalam hal tersebut, saya coba untuk mengurangi nya

    ReplyDelete