Tuesday, 23 February 2016

Apakah Data Yang Di Format Sudah Benar - Benar Hilang Dari Harddisk? Ini Jawabannya!



Pernah bertanya-tanya kenapa data yang sudah dihapus bisa kembali sama persis seperti keadaan semula? Padahal Kita sudah menghapusnya dengan benar,bahkan file di Recycle Bin pun sudah dihapus juga..

Dan setelah usut punya usut,ternyata sebuah data yang disimpan diharddisk itu tidak benar-benar hilang jika Kita menghapusnya. Dan jika hilangpun itu butuh waktu yang lama.

Sehingga jika tidak hati-hati, ini bisa berbahaya ketika orang lain bisa mengembalikan file rahasia yang telah Kalian hapus. Ini akan lebih menjadi masalah ketika Kalian menjual laptop atau komputer Kalian..

Kenapa bisa terjadi seperti itu??

Ini terjadi karena yang namanya sistem operasi,itu mampu melacak keberadaan suatu file dalam harddisk.

Ketika Kalian menghapus suatu file,maka sistem operasi akan menghapus pointer dan menandai sektor tersebut sebagai data yang tersedia,atau yang kita kenal dengan sebutan free space (ruang kosong)

Nah,kenapa jika dalam waktu lama file tersebut bisa hilang? Itu dikarenakan tempat file yang telah terhapus sudah tertimpa file yang baru. Sehingga file yang dihapus tersebut tidak bisa dikembalikan (recovery). Atau jika masih bisa dikembalikanpun hanya sebagian saja yang bisa dipulihkan.

Buat Kalian yang ingin tau bagaimana cara mengembalikan file yang telah terhapus,bisa baca diartikel Admin yang satu ini:

Cara Mudah Mengembalikan File Yang Terhapus Pada PC

Kenapa file yang dihapus tidak langsung hilang?


Ilustrasi Delete File


Jawabannya sederhana. Yang namanya harddisk,ketika menghapus pointer dan menandai sektor sebagai free space,maka akan membutuhkan proses yang cepat.

Tapi sebaliknya,jika ingin benar-benar menghilangkan file tersebut dengan cara menimpanya dengan file yang baru. Maka akan membutuhkan proses yang lebih lama.

Admin ambilkan contoh. Ketika Kalian menghapus file yang berukuran 15 GB,maka itu akan berlangsung dengan cepat.

Sedangkan jika Kalian sedang memindahkan atau menyalin file yang ukurannya 15 GB ke komputer. Itu akan memakan proses yang lebih lama.. Paham yah? hehe

Jadi itulah kenapa file yang telah dihapus belum benar-benar hilang dari harddisk.


Lalu bagaimana caranya agar file tersebut tidak bisa dikembalikan oleh orang lain??


Untuk pembahasan  bagaimana caranya agar file tersebut tidak bisa dikembalikan oleh orang lain. Akan Admin bahas pada postingan selanjutnya..

Salam.. Semoga bermanfaat..

Rekomendasi Untuk Anda × +
No comments:
Write komentar